SMK Muhammadiyah 1 Cilacap merupakan salah satu sekolah yang mendapat bantuan dari Direktorat Vokasi SMK, yaitu Program SMK Berbasis Revolusi Industri 4.0. Bantuan ini merupakan lanjutan dari tahun 2021. Pada program ini ada banyak sekali kegiatan yang harus diikuti oleh semua pendidik dari SMK Muhammadiyah 1 Cilacap dengan mengikuti berbagai kegiatan Workshop sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati.

            Revolusi Industri 4.0 menciptakan perubahan mendasar dalam setiap aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Semua elemen harus disiapkan. Kesiapan ini bukan hanya infrastruktur namun semua pemangku kepentingan, utamanya siswa, guru, sekolah, dan penyelarasan kurikulum. Dalam hal Penyelarasan Kurikulum, SMK Muhammadiyah 1 Cilacap menggandeng industri CV Bumi Wijaya yang beralamatkan di Desa Gentasari, Kroya, Cilacap.

            Kegiatan Workshop Penyelarasan Kurikulum diadakan di Aula SMK Muhammadiyah 1 Cilacap, pada hari Kamis, 22 September 2022 pada jam 13.00 WIB sampai dengan selesai, yang diikuti oleh 20 peserta  guru produktif.  Dari pihak Cabang Dinas Wilayah X, dihadiri oleh Bapak Maryanto, S. Pd, M. Sc, sedangkan dari CV Bumi Wijaya dihadiri oleh Yondi Andrianto, S. T. Dalam sambutannya , Kepala Sekolah Haryanto, S. T, M. M menyampaikan bahwa dalam proses belajar mengajar di sekolah diperlukan penyelarasan antara sekolah dengan dunia industri, dimana sekolah tidak boleh berdiri sendiri agar ke depannya alumni dapat terserap langsung bekerja di dunia industri.

            Setelah sambutan oleh Kepala Sekolah tanda dibukanya Workshop Penyelasaran Kurikulum dan Bahan Ajar, Kegiatan pertama disampaikan oleh Bapak Maryanto, S. Pd, M. Sc, beliau membahas tentang pentingnya Penyelarasan kurikulum pada era sekarang karena menyeimbangkan atau menyeleraskan kebutuhan industri dunia kerja dengan kompetensi yang diajarkan oleh sekolah. Sehingga harus ada keterkaitan, jangan sampai apa yang seharusnya dibutuhkan oleh dunia kerja saat ini tidak bisa dipenuhi oleh lulusan SMK yang berkompeten sesuai jurusannya.

            Penyelarasan Kurikulum adalah upaya menyesuaikan Kurikulum SMK dengan tuntutan IDUKA yang meliputi kompetensi dan budaya kerja yang berlaku di IDUKA. Tujuan Penyelarasan Kurikulum yaitu agar Kurikulum SMK sesuai tuntutan dan budaya kerja yang berlaku di IDUKA, sehingga lulusan SMK memiliki kompetensi dan etos kerja yang sesuai dengan kebutuhan IDUKA.

Selanjutnya adalah diskusi penyusunan Kurikulum yang di sinkronkan dengan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik, sehingga sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Ada beberapa hal yang ditambahkan dan ada yang dikurangi sesuai dengan kebutuhan, di sini adalah kompetensi dari jurusan Farmasi Industri, dengan CV Bumi Wijaya.

Tindak lanjut kegiatan ini merupakan awal indikator bersama antara IDUKA dan diharapkan dapat mewujudkan peran IDUKA dalam revitalisasi SMK yang finalnya adalah lulusan SMK Muhammadiyah 1 Cilacap terserap oleh IDUKA.

Tri Asih Khasanahwati

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *