Link and supermatch merupakan program andalan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud yang dikembangkan untuk meningkatkan relevansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan kebutuhan dunia kerja, dunia usaha serta dunia industri khususnya. Ada beberapa ruang lingkup kerja sama yang dapat dilakukan dengan dunia industri seperti pelaksanaan Praktik Kerja Industri, Magang Guru, Penyerapan Lulusan, Kerjasama Produksi, Guru Tamu, Pemanfaatan Fasilitas Bersama, Penyelenggaraan Sertifikasi Kompetensi, serta Penyelarasan Kurikulum.

Dalam rangka menyelaraskan program Kemendikbud tersebut, SMK Muhammadiyah 1 Cilacap khususnya Kompetensi Keahlian Farmasi Industri, berupaya terus menjalin kerja sama dengan industri Obat Tradisional yaitu Bumi Wijaya Indo Jamu. Tujuan dari Kerja sama ini lebih dititikberatkan pada pengembangan Unit Produksi Farmasi menjadi Industri Minuman Mutucare, dengan ruang lingkup Kerjasama Produksi. Dalam kerja sama ini, industri tersebut berperan sebagai Quality Control atau Pengawasan Mutu, harapannya produk yang dihasilkan pada industri minuman ini dapat terjamin kualitasnya.

Dokumen ini disusun melalui beberapa tahap yaitu

  1. Penyusunan Dokumen Mutu oleh Mutucare
  2. Koreksi dari Bumi Wijaya disesuaikan dengan tuntutan produksi
  3. Revisi dokumen oleh Mutucare
  4. Pengesahan Dokumen oleh kedua belah pihak

Selain penyusunan Pedoman Mutu bersama, kerja sama produksi ini juga mencakup tentang pengadaan bahan baku yang digunakan untuk kegiatan produksi. Bumi Wijaya sebagai Quality Control berkewajiban menjamin mutu produk. Semoga kerja sama ini dapat bermanfaat buat siswa siswi SMK Muhammadiyah 1 Cilacap

Juni Purnomowati

4 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *