Gb. Siswa sedang berjualan Takoyaki

Menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada siswa SMK merupakan hal yang sangat penting. Sebab, dengan menumbuhkan jiwa kewirausahaan akan menciptakan anak didik yang berkualitas sehingga dapat mencetak generasi penerus bangsa yang siap dengan tantangan-tantangan ekonomi di masa mendatang.

Wirausaha yang saya maksud disini adalah sebuah sikap anak didik yang memiliki daya kreatif dan inovatif, mencari peluang dan berani mengambil resiko. Karakter wirausaha itu tidak semata-mata untuk kepentingan dunia bisnis, tetapi untuk menumbuhkan kreatifitas dan semangat menentukan masa depan anak didik.

Maka, dengan demikian mengajarkan anak didik untuk belajar pendidikan kewirausahaan sejak dini atau dalam bangku sekolah itu merupakan hal yang sangat penting. Sebab, pada masa sekolah ini pemikiran anak didik masih bisa dibentuk sesuai dengan kebutuhan lingkungan, sehingga menumbuhkan jiwa wirausaha harus segera dibentuk. Pendidikan kewirausahaan adalah pendidikan yang menerapkan prinsip-prinsip dan dapat membentuk kecapakapan hidup (life skill) pada anak didik melalui kurikulum yang dikembangkan disekolah. Dengan demikian, pendidik harus mampu berperan aktif dalam mengajarkan dengan berbagai strategi guna untuk menanamkan nilai-nilai kewirausahaan dalam jiwa anak didik. Jadi, anak didik bukan hanya diberikan materi tetapi juga diberikan pemahaman serta penanaman sikap-sikap wirausaha yang baik dan benar.

by tim guru produktif TKRO

Udi Urip Harsoyo

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *