PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DAN LEMBAGA KEUANGAN
DI SMK MUHAMMADIYAH 1 CILACAP
Optimalisasi fungsi tempat praktik Customer Service
sebagai sumber belajar peserta didik
Oleh :
Laela Suci Sariasih, S.Pd.
Sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada di lingkungan belajar untuk dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran untuk dapat mengoptimalkan hasil belajar. Sumber belajar dimanfaatkan oleh guru dan peserta didik dalam membantu melancarkan kegiatan pembelajaran sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Menurut Trianto (2010:203) menyebutkan bahwa sumber belajar mencakup semua sumber yang digunakan peserta didik agar terjadi perilaku belajar. Peranan sumber belajar yaitu mentransmisi informasi kepada peserta didik tentang dunia pekerjaan sesuai bidang Perbankan. Sumber belajar menjadikan peserta didik aktif dalam belajar dan mengenal berbagai hal yang berkaiatan dengan program keahlian.
Tempat Praktik Customer Service menjadi sumber belajar yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Cilacap, digunakan untuk tempat praktik peserta didik. Customer Service sebuah tempat untuk pelayanan bagi nasabah, konsultasi, pusat informasi, dan pemecahan masalah setiap nasabah perbankan. Petugas Customer service merupakan bagian yang menjadikan aparatur customer service sebagai pusat dan sumber informasi mengenai produk dan layanan perbankan. Oleh karena itu, diperlukan karyawan yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang industri perbankan. SMK Muhammadiyah 1 Cilacap merupakan lembaga Pendidikan yang berperan penting dalam menciptakan Sumber Daya Manusia yang cerdas, berkarakter dan berkompeten bagi bangsa yang diharapkan membawa perubahan ke arah yang lebih baik khususnya di Program Akuntansi dan Lembaga Keuangan. Pembelajaran praktik meliputi : Praktik akuntansi manual, Komputer Akuntansi, Bank mini dan Customer Service. Hal ini sebagai wujud implementasi sumber belajar dan tempat praktik peserta didik Program keahlian Akuntansi yang kreatif dan inovatif dalam segala aspek pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang menerapkan strategi, metode proses belajar mengajar untuk mengaplikasikan materi yang diperoleh.

Sumber belajar Customer Service adalah sarana prasarana bagi peserta didik untuk berlatih menjadi petugas customer service dalam sebuah instansi di bidang keuangan.
Peserta didik menilai mempelajari bidang akuntansi memberikan banyak manfaat dan peluang pekerjaan setelah lulus dari SMK, peluang pekerjaan tersebut antara lain :
Staf Keuangan
Pengelola keuangan
Customer Bank
Teller Bank
Wirausaha
Pelaksanaan praktik customer service sebagai sumber belajar membantu praktik peserta didik dalam pemahaman atas konsep pelayanan untuk menjadi modal dasar bagi Seorang Customer Service bisa melayani nasabah dengan sempurna. Diharapkan adanya pelatihan Customer Service dapat mencapai tujuan menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan kompetitif di bidang akuntansi, mandiri, siap kerja di masyarakat berdasarkan kompetensi keahlian.
No responses yet