PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DAN LEMBAGA KEUANGAN

DI SMK MUHAMMADIYAH 1 CILACAP

Optimalisasi fungsi tempat praktik Customer Service

sebagai sumber belajar peserta didik

Oleh :

Laela Suci Sariasih, S.Pd.

Sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada di lingkungan belajar untuk dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran untuk dapat mengoptimalkan hasil belajar. Sumber belajar dimanfaatkan oleh guru dan peserta didik dalam membantu melancarkan kegiatan pembelajaran sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Menurut Trianto (2010:203) menyebutkan bahwa sumber belajar mencakup semua sumber yang digunakan peserta didik agar terjadi perilaku belajar. Peranan sumber belajar yaitu mentransmisi informasi kepada peserta didik tentang dunia pekerjaan sesuai bidang Perbankan. Sumber belajar menjadikan peserta didik aktif dalam belajar dan mengenal berbagai hal yang berkaiatan dengan program keahlian.

Tempat Praktik Customer Service menjadi  sumber belajar yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Cilacap, digunakan untuk  tempat praktik peserta didik. Customer Service sebuah  tempat untuk pelayanan bagi nasabah, konsultasi, pusat informasi, dan pemecahan  masalah setiap  nasabah perbankan. Petugas Customer service merupakan bagian yang menjadikan aparatur customer service sebagai pusat dan sumber informasi mengenai produk dan layanan perbankan. Oleh karena itu, diperlukan karyawan yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang industri perbankan. SMK Muhammadiyah 1 Cilacap  merupakan lembaga Pendidikan yang berperan penting dalam menciptakan Sumber Daya Manusia yang cerdas, berkarakter dan berkompeten bagi bangsa yang diharapkan membawa perubahan ke arah yang lebih baik  khususnya di Program Akuntansi dan Lembaga Keuangan. Pembelajaran praktik meliputi : Praktik akuntansi manual, Komputer Akuntansi, Bank mini dan Customer Service. Hal ini sebagai  wujud implementasi sumber belajar dan tempat praktik peserta didik  Program keahlian Akuntansi yang kreatif dan inovatif dalam segala aspek pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang menerapkan strategi, metode proses belajar mengajar  untuk mengaplikasikan materi yang diperoleh.

Sumber belajar Customer Service adalah sarana prasarana bagi peserta didik untuk berlatih menjadi petugas customer service dalam sebuah instansi di bidang keuangan.

Peserta didik menilai mempelajari bidang akuntansi memberikan banyak manfaat dan peluang pekerjaan setelah lulus dari SMK, peluang pekerjaan tersebut antara lain :

Staf Keuangan

Pengelola keuangan

Customer Bank

Teller Bank

Wirausaha

Pelaksanaan praktik customer service sebagai sumber belajar membantu praktik peserta didik   dalam pemahaman atas konsep pelayanan untuk  menjadi modal dasar bagi Seorang Customer Service bisa melayani nasabah dengan sempurna. Diharapkan adanya pelatihan Customer Service dapat mencapai tujuan menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan kompetitif di bidang akuntansi, mandiri, siap kerja di masyarakat berdasarkan kompetensi keahlian.

Laela Suci Sariasih

4 Responses

  1. Надпись я люблю россию на прозрачном фоне.
    Деятельность синонимы. Информация по способу ее восприятия человеком подразделяется на текстовую числовую графическую. Школа критического мышления никиты непряхина. Семантическое мышление.
    Shaving перевод. Плохое время порождает сильных людей.

    Общение и развитие человека как личности.

  2. Если человек ассоциируется с розовым цветом.
    Рациональные люди это. Индивид субъект личность индивидуальность. Тесты онлайн кто ты. Основные характеристики
    психики человека. Направление в психологии разрабатывающее вопрос применения знаний о психике человека к решению задач.
    Цвета ассоциации с человеком.
    Отличие человека от животного
    проявляется тест обществознание
    ответы.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *